Posted by : ANEKA CRIMINAL Jumat, 21 September 2012

amartha studio Rel├ímpago del Catatumbo atau 'cahaya Catatumbo' adalah salah satu fenomena alam yang paling unik di dunia. Terletak di muara sungai Catatumbo di Danau Maracaibo (Venezuela). Fenomena ini berupa petir dari awan ke awan yang membentuk busur tegangan dengan tinggi lebih dari lima kilometer. Sepanjang tahun badai petir busur ini terjadi  140-160   kali.

Dengan durasi 10 jam dalam semalam, dan sebanyak 280 kali dalam satu jam. Badai ini tetap dan terus terjadi di atas rawa, yang menjadi muara Sungai Catatumbo di Danau Maracaibo dan dianggap sebagai generator ozon  terbesar di planet ini. Ini bisa dilihat dari besarnya frekwensi debit petir dari awan ke awan.

Badai petir ini terjadi karena ada pelepasan muatan listrik sebesar 1.176.000 MW per tahun  dengan intensitas hingga 400.000 ampere. Kilat terlihat hingga jarak 400 km. Badai ini juga dikenal sebagai 'Beacon Maracaibo' dan dijadikan salah satu titik navigasi kapal selama bertahun-tahun.

Secara ilmiah, badai petir ini dapat dijelaskan,  terjadi karena adanya  tumbukan dua arus udara yang memiliki muatan listrik yang berbeda. Arus angin dari Pegunungan Andes  yang memiliki kepadatan lebih tinggi   bergerak menuju muara yang memiiki kerapatan udara lebih rendah. Sementara bola api yang menyertainya badai petir itu terjadi karena tingginya uap metana yang yang berasal dari bagan organik rawa-rawa. Tingginya ionisasi dari  dekomposisi gas metana ini menimbulkan badai petir setelah tertumbuk angin pengunungan. **

 

Popular Post

About

Blogroll

- Copyright © amartha STUDIO | technology future -3D GIF- Powered by Blogger - Designed by amartha studio -