Posted by : ANEKA CRIMINAL Selasa, 02 Oktober 2012

 amartha studio Burung Namdur atau Burung Pintar dan Burung Kucing termasuk keluarga Ptilonorhynchidae. Keluarga ini memiliki 20 spesies dalam delapan genera. Mereka adalah burung berukuran sedang. Makanan mereka biasanya buah, tapi ada juga yang memakan serangga.
Sepuluh spesies endemis New Guinea, delapan spesies endemis Australia dan dua spesies dapat ditemukan di kedua tempat tersebut.
Jenis Burung Kucing bersifat monogami dan membesarkan anak bersama-sama pasangannya, tapi burung namdur lainnya bersifat poligini.
Salah satu ciri yang paling terkemuka adalah kebiasaan mereka saat musim kimpoi, di mana yang jantan akan membangun sarang untuk menarik pasangan. Sarang ini bisa dihias dengan sangat indah.



Orang Eropa pertama yang melihat pondok burung namdur di hutan lumut Irian menyangka sebagai rumah mainan buatan anak-anak penduduk asli. Bagaimana seseorang bisa membayangkan bahwa pondok rapih dengan tamannya yang terawat adalah hasil karya burung?



John Gould, ahli burung terkenal dari Australiam adalah orang pertama yang memberikan laporan yang benar mengenai burung namdur dan pondoknya. Tetapi sampai sekarang pun tingkah laku dan ekologi burung ini belum sepenuhnya diketahui. Burung namdur adalah kerabat dekat burung cendrawasih. Mereka juga terbatas penyebarannya di wilayah Australia, dengan 9 jenis dikenal hanya di wilayahIrian, di Australia 7 jenis, dan 2 jenis lainnya terdapat di kedua tempat tersebut.



Walaupun ada yang berwarna merah menyala dan ada yang berjambul beraneka warna, kebanyakan burung namdur agak suram penampilannya. Jika burung cendrawasih mengembangkan bulu dan hiasanyang luar biasa serta beraneka warna untuk memikat pasangannya, maka burung namdurjantan memiliki strategi berbeda. Mereka memikat betina dengan pondok yang dibuat serta di beri hiasan dan karena itu tidak perlu memiliki bulu yang beraneka warna. Pada jenis yang jantannya memiliki bulu-nulu berwarna, umumnya mereka membuat pondok yang paling sederhana. Pondok ini di bangun di permukaandengan area peragaan yang oleh pemiliknya diberi benda-benda berwarna dan menarik, yang semuanya dipilih dengan penuh ketelitian. Segera setelah jantan berhasil memikat betinake dalam pondoknya, perkimpoian terjadi. Akan tetapi si betina tidak meletakkan telurnya di sini, melainkan dalam sarang berbentuk potpada pohon agak jauh dari pondok tersebut.

Popular Post

About

Blogroll

- Copyright © amartha STUDIO | technology future -3D GIF- Powered by Blogger - Designed by amartha studio -