Posted by : ANEKA CRIMINAL Selasa, 16 Oktober 2012



hal bisa disimak dari karya Mukti Ali dari Mukti Djaya Internusa (MDI) dan bro Uie builder Evolution Young Street Custom. Mukti sekaligus owners, punya romantika khusus pada terobosan Mr. James Parker lewat system RADD-nya. Yap, sistem ini menginpirasi konstruksi hub centered steering  yang pertama dilakoni Parker terhadap Honda XL600 R tahun 1984. Kemudian  dipakai di Bimota Tesi 1990 lanjut ke  modifikasi Yamaha FZ750.


“Terkesan futuristik! Roda yang dikemudikan setang akan belok kiri-kanan lewat tarik-ulur link di kanan arm. Di sisi kiri roda, terpasang tuas spanner sebagai penguat dan penstabil tarik-ulur as rodanya,” kata Mukti.

Masih soal suspensi, estetika clean minimalis khas West Jateng Style  bagian belakang pakai system unitrak ditopang monosok Satria FU. Posisi sok nyaris horisontal  mirip style suspensi belakang Ninja 650 yang sekarang sedang booming di jalanan Indonesia.


Makin sip, penerus dayanya pakai system shaft drive. Bukan begitu, Bro? “Kamu tertipu! Penerus daya tetap konvensional pakai rantai. Supaya keren, swing arm dibuatkan kondom yang didesain menutupi rantai penerus daya ini,’’ jelas Mukti lagi.

Ke bagian atas,  modifikasi ini terbilang x-tra ordinary. Secara desain, Mukti menganut gaya bulldog style  alias besar ke depan untuk motor musle bike ini. Bagian depan memang jadi perhatian utama.  Penyeimbangnya,  zona belakang dibuat lebih kecil. Buntut ala cafĂ© racer new school diterap kedua builder ini.

ngumpet  dan menyatu dengan buntut. Lewat rancangan undertail ini, bagian belakang jadi sangat clean untuk menyeimbangkan rancangan depan yang relatif ribet,” ungkap builder yang mengaku terispirasi saat melihat iklan Bajaj Pulsar yang bisa jadi ujud robot itu.

Di mata Em-Plus, taste Mukti memang layak diapresiasi. Latar belakangnya sebagai penikmat motor antik juga scramblers, secara enggak sengaja terbawa di motor ini.

Unsur klasik bisa dilihat sedikit dari simplisitas belakang dan pilihan warna kalem yang tidak memusingkan mata. Gaya-gaya psychodelic, pop art dan unsur garage style juga kelihatan dari pilihan undertail dan righ side monosoknya.  Caranya mengedepankan unsur  futuristik  lebih pada kontruksi RADD dan unitrak di suspensi belakang.

Dinilai dari efisiensi dan kemudahan reka bentuk, MDI dan Evolution Young Street memilih fiber sebagai  bodywork dominan di motor ini. Terus terang, gaya bulldog punya banyak kendala khususnya merancang bodi yang sinergi, tak memutus garis desain dari depan ke belakang. Untuk soal ini, Mukti CS termasuk berhasil memadukan gradasi menyiku dan rounded di soal bodi.

Ujud motor misterius sesuai yang diinginkan builder. Sip lah!DATA MODIFIKASI
Pelek: Genuine Pulsar-Ninja 250R
Ban belakang: Corsa 150/70-17
Pijakan kaki: V-ixion
Setang: Custom
Kaliper belakang: Marzocchi
MDI : 08122-668-333

Popular Post

About

Blogroll

- Copyright © amartha STUDIO | technology future -3D GIF- Powered by Blogger - Designed by amartha studio -