Posted by : ANEKA CRIMINAL Kamis, 04 Oktober 2012



amartha studio Minggu, sekitar jam 13.30-an ada kejadian langka yang terjadi disekitar Buah Batu - Soekarno Hatta, yaitu hujan es. Dengan ukuran butiran es seperti tampilan dibawah ini. Kejadian yang langka ini hanya berlangsung sekitar 15 s/d 30 menit, dan beruntung sekali saya lagi di rumah dan mengeluarkan L730 saya. Dan beberapa tangkapannya bisa dilihat di blog ini.

Akibat hujan es yang cukup deras mengakibatkan terjadi banjir singkat di depan rumah. Banjir yang mengubah jalan di depan rumah menjadi “sungai sementara” ini hanya berlangsung tidak sampai 2 jam, karena langsung surut ketika hujan mulai reda.


Kepala Sub Bidang Informasi Metereologi, Badan Metereologi dan Geofisika (BMG), Ahmad Zakir ketika dikonfirmasi mengatakan turunnya buliran es yang menyerupai salju itu disebabkan gumpalan awan yang dekat dengan permukaan bumi. Bila gumpalan itu dekat permukaan bumi, jelasnya, akan menyebabkan gumpalan awan tersebut tidak lebur dengan baik sehingga turun ke bumi dalam keadaan masih berbentuk kondensasi (gumpalan). “Tapi peristiwa seperti ini hanya berlangsung beberapa menit.


 Setelah itu hujan berlangsung normal kembali,” katanya. Apakah kondisi ini terjadi di daerah lain? Zakir hanya mengatakan fenomena itu biasanya terjadi di daerah yang memiliki awan yang dekat dengan permukaan bumi. “Awan merupakan asal hujan. Di Jawa Barat bagian utara hal seperti ini juga sering terjadi. Beberapa daerah di Indonesia juga sering terjadi,” ucap Zakir. Lebih lanjut dikatakan Zakir, butiran es itu adalah semburan kondensasi air hujan yang menggumpal di atas permukaan bumi yang disebut awan gelap. “Biasanya seperti itu. Pertama kali keluar butir yang ada. Nah itu lima sampai 10 menit akan seperti itu. Pertama kali itu bukan hujan gerimis tapi semburan dari butir-butir hujan tapi ini tidak lama,”katanya.
Bila ingin melihat video hujan es bisa dilihat di Multiply. Sebaiknya di download dulu, ukuran file 8,5 MB, format AVI/MPEG4, sekitar 21 detik.
Dari Google dengan keyword Hujan Es Bandung, tadi pagi masih bertengger di halaman kedua alias 11-20, sore ini sudah nangkring di 10 besar Google. Blog Adinoto & Pipit ada di 3 besar, lainnya adalah web site berita.

Popular Post

About

Blogroll

- Copyright © amartha STUDIO | technology future -3D GIF- Powered by Blogger - Designed by amartha studio -