Posted by : ANEKA CRIMINAL Rabu, 17 Oktober 2012


Batu ginjal terbentuk bila konsentrasi mineral atau garam dalam urin mencapai nilai yang memungkinkan terbentuknya kristal, yang akan mengendap pada tubulus ginjal atau ureter. Meningkatnya konsentrasi garam-garam ini disebabkan oleh adanya kelainan metabolisme atau pengaruh lingkungan.
Pada orang dewasa sehat, pH urine berkisar antara 4,5-8. Konsentrasi urine di bawah pH=4 disebut urine asam, dan yang diatas pH=8 disebut urin basa, dan ini adalah keadaan yang beresiko terhadap terbentuknya batu ginjal. Batu yang sering terbentuk dalam urin yang bersifat asam terdiri dari kalsium oksalat, kristal asam urat, atau sistin. Sementara pada urin yang bersifat basa terdiri atas kalsium fosfat atau magnesium amonium fosfat (batu tripel fosfat atau struvit)
Faktor Resiko Batu Ginjal:
1. Hiperkalsiuria
2. Hiperurikosuria
3. Hiperoksalouria
4. Rendahnya volume urine
Tips mencegah batu ginjalCitrus Therapy (Terapi Jeruk Nipis)
Sebelum tidur, minum air jeruk nipis 2-3 sendok makan. Langkah ini dipercaya dapat mencegah batu ginjal yang berupa kalsium oksalat karena jeruk nipis mengandung sitrat yang tinggi.
Setelah bangun tidur (sebelum subuh, kira-kira pukul 04.00 WIB) minum air putih sebanyak-banyaknya. Maka lebih kurang 1 jam kemudian, fase ekskresi urin akan berlangsung (secara otomatis akan timbul keinginan untuk buang air kecil). Dengan hydrotherapy ini, diharapkan cairan tubuh dengan cepat berganti dengan yang baru, sehingga segala zat buangan bersifat racun yang harusnya dikeluarkan bersama urin akan dikeluarkan secara cepat.
strong>High Intake Fluid Therapy
Asupan cairan yang tinggi (2,5-3 liter/hari = 2 botol air mineral besar) dapat menghasilkan minimal 2 liter urin sehari. Separuh cairan tersebut hendaknya dalam bentuk air putih. Hal ini dapat mencegah terbentuknya berbagai jenis batu ginjal. Kebutuhan cairan bertambah dengan adanya kenaikan suhu pada lingkungan dan peningkatan aktivitas

Popular Post

About

Blogroll

- Copyright © amartha STUDIO | technology future -3D GIF- Powered by Blogger - Designed by amartha studio -