Posted by : ANEKA CRIMINAL Kamis, 29 November 2012


(Istimewa)
Kontak lens sekarang ini banyak digunakan karena kelebihannya yang tidak dimiliki oleh kacamata. Selain praktis, lensa kontak menawarkan penglihatan yang lebih jelas dan tajam dibandingkan lensa kacamata biasa. Anda tidak akan mengalami keterbatasan pandangan mata akibat terhalang bingkai kacamata.

Sebelum membeli kontak lens, ada beberapa tahap yang harus diketahui:

- Periksakan terdahulu mata Anda. Gunanya selain untuk mengetahui minus di mata, juga untuk mengetahui apakah mata hanya minus, atau ada masalah mata yang lainnya, seperti silinder misalnya. Itu penting untuk diketahui karena kontak lens untuk mata minus dan mata silinder berbeda.

- Setelah itu, tentukan pilihan untuk jenis kontak lens yang Anda inginkan. Apakah Anda ingin kontak lens transparan, berwarna atau bermotif. Tentunya hal ini menyangkut selera pribadi dan kebutuhan masing-masing orang.

- Kemudian setelah itu, tentukan tipe plastik yang Anda inginkan. Secara umum, lensa kontak terbagi dalam dua grup besar, soft dan rigid gas permeable (RGP). Sebenarnya terdapat satu jenis lain lensa kontak yakni hardlens. Tetapi, yang satu ini hanya diberikan secara ketat dan terbatas oleh dokter mata. Lensa kontak yang lembut, biasa disebut sebagai softlens, memiliki kadar air 25 sampai 79 persen. Itulah mengapa mata menjadi lebih mudah beradaptasi dengannya. Masa adaptasinya bagi pemakai baru hanya berkisar antara tiga puluh menit hingga satu jam.

- Softlens biasanya juga lebih nyaman dan mudah dikenakan. Debu dan kotoran mata tidak gampang terperangkap di antara kornea dan softlens. Lensa kontak lembut ini juga tidak mudah terlepas atau bergeser kala digunakan.

- Lensa RGP atau oxygen permeable contact lenses terkadang membuat penggunanya membutuhkan waktu lebih lama untuk beradaptasi di mata. Kecepatan mata beradaptasi terhadap lensa RGP sangat bervariasi. Mulai dari hitungan hari hingga minggu. Bahkan, meski jarang, ada juga orang yang sepertinya tak pernah merasa nyaman memakainya.  Lensa ini cenderung lebih tahan lama, mencapai beberapa tahun.Penglihatan pun lebih baik jika dibandingkan softlens. Selain itu, deteksi dini iritasi atau infeksi juga lebih mudah dirasakan oleh mata.

- Langkah selanjutnya adalah tentukan budget anda. Kalau dari segi harga, lensa RGP lebih murah dibanding softlens. Apalagi mengingat umur ekonomisnya. Tak cuma itu, beberapa lensa kontak keras dapat digunakan bersama semua obat tetes mata. Selain itu, biasanya lensa berwarna lebih mahal dibandingkan dengan lensa transparan. Namun itu juga tergantung merk kontak lens bersangkutan.

- Lalu, pahamilah kekurangan masing-masing kontak lens yang akan anda pilih. Softlens biasanya lebih sulit dibersihkan dibandingkan dengan RGP. Softlens juga mudah robek atau rusak. Sementara lensa RGP dapat tergores, mudah terlepas atau bergeser, dan membuat debu atau kotoran mata terperangkap di antara kornea dan lensa RGP.

- Nah, selanjutnya, tentukan pilihan waktu yang anda inginkan. Ada lensa kontak Daily-Wear Lens, yang harus diganti setiap harinya, lensa ini juga bisa digunakan untuk jangka panjang, biasanya hingga satu tahun. Lalu ada Extended-Wear Lens yang dapat digunakan sampai seminggu.

- Lensa kontak ini tidak perlu dibersihkan tiap hari. Tapi jeleknya, jika terlalu lama digunakan ia lebih kerap menimbulkan masalah pada mata dibandingkan dengan Daily-Wear Lens. Lalu  ada Disposable Lens atau lensa kontak sekali pakai. Jenisnya ada dua yakni planned replacement atau flexible wear dan daily wear. Jenis yang satu ini hanya ada untuk softlens.

- Yang penting adalah apapun jenis kontak lens yang anda pilih, harus selalu ingat untuk selalu merawatnya, karena dengan merawat kontak lens, berarti anda juga menjaga mata agar tetap sehat.

- Selain itu, sebelum membersihkan kontak lens, pastikan tangan anda bersih dan kering juga bebas kuman sebelum menyentuh lensa. Selalu gunakan pembersih kontak lens khusus, dan terakhir, penyimpanannya pun harus ditaruh di tempat khusus yang telah diberi cairan pembersih.

Popular Post

About

Blogroll

- Copyright © amartha STUDIO | technology future -3D GIF- Powered by Blogger - Designed by amartha studio -