Posted by : ANEKA CRIMINAL Sabtu, 17 November 2012



Blake Aaron Ross lahir pada tanggal 12 juni 1985, dia adalah seorang pengembang software asal Amerika yang saat ini hasil kerjanya kita kenal dengan sebutan Browser Mozilla, Dia memulai projek pembuatan Browser Mozilla Firefox bersama rekannya yang bernama Dave Hyatt, dan serta mulai menyebarkan project Firefox tersebut dengan Asa Dotzler yang waktu itu bekerja sebagai kontraktor di Mozilla Foundation pada tahun 2005. Dia di nominasikan sebagai top Rave Award untuk majalah Wired, sebagai lawan dari Larry Page, Sergey Brin (Pemilik Google) dan Jon Stewart. Dia juga menjadi bagian dari Hot list untuk majalah Rolling Stones 2005.

Lahir di Miami, Florida, Dia membuat website pertamanya pada umur 10 tahun. Dia memulai programming pada saat dia masih berada di bangku SMP dan mulai memberikan kontribusi ke Nestcape setelah Netscape menjadi Open Source. Blake Ross mulai bekerja di Netscape Communications Corporation pada umur 15 tahun, dimana pada saat itu dia baru memasuki bangku SMA di Gulliver Preparatory School, setelah itu dia mendaftar ke Universitas Standford.
Ross saat ini lebih dikenal sebagai pemilik dari Mozilla Firefox bersama dengan Hyatt. Selama berada di Netscape, Ross kecewa dengan browser yang dia kerjakan terlebih dengan perintah yang diberikan oleh America Online, Ross dan Hyatt menginginkan browser yang lebih kecil, mudah untuk digunakan dan saat itulah awal mula lahirnya browser mozilla Firefox. Project open source yang mendapatkan momentum dan popularitas dan tahun 2003 semua sumber Mozilla dicurahan untuk pengembangan projek Firefox dan Thunderbird.

Di release pada bulan November tahun 2004, ketika Ross masih berumur 19 tahun, Firefox dengan cepat merebut pasar saham (terutama dari Microsoft Internet Explorer), dengan 100 juga download dalam satu tahun.

Ross saat ini menghabiskan banyak waktunya untuk membangun beberapa project dengan beberapa pegawai yang dulu pernah bekerja di Nestcape, Joe Hewitt (Pembuat Firebug yang memiliki tanggung jawab yang besar dalam Firefox interface dan code). Ross dan Hewitt bekerja untuk membuat Parakey, sebuah interface pengguna yang baru yang menghubungkan jarak antara Desktop dengan Web. Ross mengungkapkan beberapa detil teknik mengenai program tersebut dan perusahannya ketika ditampilkan di sampul IEEE Spectrum pada November 2006.

Sumber :
http://perpus.kampoengti.com/content/2010/01/19/12/143601/20301436011/blake-ross 

Popular Post

About

Blogroll

- Copyright © amartha STUDIO | technology future -3D GIF- Powered by Blogger - Designed by amartha studio -