Posted by : ANEKA CRIMINAL Sabtu, 03 November 2012

Setelah digadang-gadang, akhirnya Google Pagerank Update terjadi juga malam tadi. Dan posting ini akan pendek-pendek saja :) Sekadar untuk memastikan bahwa Google Pagerank memang benar-benar sudah terjadi, sekitar hampir 12-13 jam yang lalu.
Update kali ini memang tidak jauh dari perkiraan para pegiat SEO. Antara tanggal 25 Juli 2012 - 3 Agustus 2012. Bahkan saya pun pernah memprediksikan bahwa Google Pagerank update "sudah tercium" dan akan terjadi beberapa hari kemudian. Gejala yang paling siginifikan adalah perubahan indeks yang tidak stabil (hampir seperti Google Dance). Sekitar 5 atau 6 hari yang lalu,
Dan karena memang prediksi dapat dibuat dengan mudah apabila memperhatikan gejala-gejala yang ada, maka pada komentar kemudian saya menambahkan perkiraan bahwa dalam beberapa hari kemudian update pagerank akan terjadi.
Yah, homepage blog ini tidak mengalami perubahan pagerank. Masih nangkring di PR 3, soalnya saya tidak pernah melakukan link building lagi untuk blog ini, dan ingin melihat backlink yang muncul secara natural. Tapi ternyata memang tidak se-signifikan ketika melakukan link building secara sengaja. Untungnya, PR gak anjlok karena terus terang beberapa iklan di blog ini semua saya kasih dofollow link, jadi banyak link keluar. Dan mungkin itu juga yang menghambat kenaikan pagerank. 
Di sisi lain, weblog lain yang belum genap dua bulan saya kembangkan, TautWeb.com, justru langsung mendapat PR 3. Dengan beberapa halaman internal berpagerank 2. Ini cukup menyenangkan mengingat link building yang saya lakukan tidak banyak. Strategi yang dilakukan adalah berfokus pada peningkatan otoritas domain dan dengan menggunakan strategi prediksi seperti: kesamaan niche, naturalisasi, pertimbangan pagerank, dan potensi link juice dari halaman pemberi backlink. Dan ternyata memang benar, tanpa nyepam, tanpa membabi buta, dan hanya dengan beberapa backlink berkualitas saja, suatu web/blog maupun halaman-halaman internalnya mampu "mendapatkan kepercayaan" Google". Hasilnya di SERP pun lumayan membawa traffic karena relevansi tinggi, meskipun posting artikel yang ada baru berjumlah sekitar 30 buah. Pagerank tinggi tapi relevansi kurang tidak memberikan efek besar di SERP (peringkat di hasil pencarian). Oleh karena itu relevansi dan kualitas backlink sangat penting.
Okay, itu saja sekilas infonya. Bagaimana dengan blog sobat, apakah terkena imbas juga dari Google Pagerank Update August 2012 ini? Sudah dicek? Jika belum, cek dengan Google Pagerank Checker segera! Have a nice blogging, have a nice day, and have a nice fasting on this Ramadhan!
© 2012 buka-rahasia.blogspot.com

One Response so far.

  1. Jefry says:

    Bulan ini katanya juga ada update kembali, hmm.. cepat sekali ya

Popular Post

About

Blogroll

- Copyright © amartha STUDIO | technology future -3D GIF- Powered by Blogger - Designed by amartha studio -